PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
|
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
|
· Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan
pandangan para tokoh
|
1x45
|
5JP
|
|
·
Mendeskripsikan sejarah sebagai
peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
|
1x45
|
||||
·
Mendeskripsikan kegunaan sejarah
secara intrinsik
|
1x45
|
||||
·
Mendeskripsikan
Manfaat mempelajari sejarah dalam kehidupan sehari-hari
|
1x45
|
||||
·
Mendeskripsikan periodisasi dan
kronologi serta kronik
|
1x45
|
||||
1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa
Praaksara dan Masa Aksara
|
·
Mendeskripsikan cara masyarakat
masa prasejarah mewariskan masa lalunya
·
Mengidentifikasi tradisi
masyarakat masa prasejarah
|
2x45’
|
7 JP
|
||
·
Mengidentifikasi jejak sejarah
di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari
berbagai daerah di Indonesia
|
1x45
|
||||
·
Mengidentifikasi tradisi sejarah
masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia
|
1x45
|
||||
·
Mendeskripsikan kegunaan sumber,
bukti,fakta,dan
jenis sejarah
|
2X45
|
||||
·
Mengidentifikasi perkembangan
penulisan sejarah di Indonesia
·
Memberikan contoh lima unsur
tradisi dan sistem kebudayaan manusia
|
1x45
|
||||
1.3. Menggunakan prinsip-prinsip dasar
penelitian sejarah
|
·
Mendeskripsikan langkah-langkah
dalam penelitian sejarah
|
1x45’
|
3 JP
|
||
·
Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian
sejarah lisan
|
1x45’
|
||||
·
Mengidentifikasi peristiwa,
peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah
|
1x45’
|
||||
Tatap muka mengajar
|
15 x45
|
15 JP
|
|||
Ulangan harian
|
2 x45
|
2JP
|
|||
Cadangan
|
1 x45
|
1JP
|
|||
Jumlah jam yang digunakankan
|
18x 45
|
15 JP
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Marsudi
Raharjo
NIP. 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 18 Juli 2016
Guru mapel Sejarah
Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI -IPA/ 1
Tahun
Pelajaran : 2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1.Menganalisis
perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan
kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.
|
1.1
Menganalisis perkembangan
negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
|
· Mendiskripsikan Hipotesis Waisya tentang
proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di
kepulauan Indonesia.
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan Kutai.
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan Tarumanegara.
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan Sriwijaya
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan kerajaan Kediri
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan kerajaan Singasari.
· Mendeskripsikan munculnya danberkembangnya
kerajaan Majapahit.
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan Sunda.
· Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya
kerajaan Bali.
· Mendeskripsikan Proses masuk dan
perkembangan Islam di Nusantara
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Samudera Pasai.
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Islam Aceh.
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Islam Demak.
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Islam Pajang
· Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya
kerajaan Islam Mataram
|
6X45’
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
|
· Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya
kerajaan Islam Bante
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Islam Gowa - Tallo.
· Mendeskripsikan proses muncul dan
berkembangnya kerajaan Islam Ternate – Tidore
|
|
|
|
1.2.Membandingkan
perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC,
Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
|
· Mendeskripsikan perkembangan sistem
pemerintahan dan struktur birokrasi di Hindia Belanda pada masa VOC
· Mendeskripsikan perkembangan sistem
birokrasi, militer, ekonomi dan sosial pada masa Pemerintah Herman Willem
Daedels
· Mendeskripsikan perkembangan sistem
birokrasi, ekonomi, sosial dan Ilmu Pengetahuan di Hindia Belanda pada masa
Pemerintah Thomas Stamford Raffles
· Mendiskripsikan
perkembangan sistem birokrasi dan ekonomi di Hindia Belanda pada masa
Pemerintah Pemerintahan Hindia Belanda (Komisaris Jenderal)
· Mendeskripsikan perkembangan sistem Tanam
Paksa di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Van Den Bosch
· Mendeskripsikan penerapan politik ekonomi
liberal kolonial
· Mendeskripsikan penerapan politik etis pada
bidang pemerintahan, hukum, ekonomi, dan pendidikan
·
Mendiskripasika
i bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa kolonial Belanda.
|
4x45
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
.
|
·
Mendiskripsikan
kebijakan politik Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia
·
Mendiskripsikan
Pembentukan Gerakan 3A, Poetra dan Jawa Hokokai.
·
Mendiskripsikan
kerjasama Pemerintah Pendudukan Jepang dengan kaum nasionalis Islam
·
Mendiskripsikan
Mendiskripsikan pengerahan pemuda dan pembentukan organisasi semi militer.
·
Mendiskripsikan
Pengerahan tenaga rakyat, ekonomi dan bhan pangan pada masa pendudukan
Jepang
|
|
|
|
1.3 Menganalisis
proses
kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
|
· Mendiskripsikan Faktor-faktor pendorong
lahirnya pergerakan nasional Indonesia
· Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya
Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional Indonesia
· Mendeskripsikan perkembangan Serikat Islam
sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan Islam
· Mendeskripsikan perkembangan Indische
Partij sebagai organisasi pergerakan nasional nasionalis dari golongan
Indo-Belanda
· Mendeskripsikan perkembangan PKI sebagai organisasi pergerakan nasional
dari golongan sosilis-komunis
· Mendeskripsikanperkembangan
· PNI sebagai organisasi pergerakan nasional
dari golongan nasionalis
· Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya
PPPKI sebagai usaha untuk mempersatukan kekuatan organisasi pergerakan
nasional
· Mendiskripsikan muncul dan berkembangnya
Gerakan Pemuda dan Sumpah Pemuda sebagai usaha untuk menggalang
mempersatukan dan kesatuan nasional
|
5x45
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
|
· Mendeskripsikan Perjuangan di dalam
volksraad dengan Petisi Soetardjo dan GAPI
|
|
|
|
1.4 Menganalisis
terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia.
|
· Mendiskripsikan peristiwa-peristiwa penting
sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
· Mengidenifikasikan proses pembentukan
kelengkapan-kelengkapan negara.
· Mengidenifikasikan Perubahan otoritas KNIP
dan
|
1X45’
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
|
pengaruhnya terhadap sistem pemerintahan di
Indonesia
|
|
|
Ulangan harian
|
2 x uh
|
2x45’
|
|
|
Ulangan tengah
semester
|
1x
|
1x45’
|
|
|
Ulangan
akhir semester
|
1 x
|
1X45’
|
|
|
Jumlah
|
|
20x45/ 20 JP
|
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Lendah
Drs.Marsudi
Raharjo
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah ,
18 Juli 2016
Guru mapel
Sejarah
Dra.Nanik
Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII -IPA/ 1
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak
masa Orde Baru sampai masa Reformasi
|
1.1..Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa orde baru
|
1.Mempresentasikan
secara lisan hasil analisis menguatnya peran negara dalam kehidupan
masyarakat
2.Menjelaskan secara tertulis dalam bentuk
makalah tentang pertumbuhan dan mobilitas penduduk
3.Mempresentasikan hasil identifikasi
dampak revolusi hijau dan industrialisasi dalam forum diskusi
4.Menguraikan secara tertulis respon
masyarakat Indonesia terhadap perubahan dunia kea rah globalisasi di bidang
teknologi
5.Menyajikan hasil
analisis berbagai kebijakan politik luar negeri secara tertulis
|
8x45’
|
|
|
1.2.Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi
|
1.Menyajikan hasil identifikasi faktor
penyebab runtuhnya orde baru secara tertulis
2.Menjelaskan
kronologi jatuhnya kekuasaan Soeharto secara tertulis
3.Membuat analisis
berbagai kebijakan poltik dan ekonomi pemerintahan Habibie dan kronologi
jatuhnya Habibie dilaporkan secara tertulis
4.Memaparkan secara lisan berbagai kebijakan
politik dan ekonomi pemerintahan Gur Dur dan kronlogi jatuhnya Gus Dur
5.Memberikan
penjelasan secara tertulis berbagai kebijakan dan ekonomi pemeritahan
Megawati
6.Menguraikan kebijakan politik dan ekonomi
pemerintahan SBY dalam bentuk makalah
|
8x45,
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
|
7.Memaparkan secara
lisan hasil identifikasi dampak reformasi bagi masyarakat
8.Menjelaskan lembaga
baru
pada masa reformasi
|
|
|
Ulangan harian
|
1x45’ (2x UH/2jp)
|
2x45
|
|
|
Ulangan tengah
semester
|
1x45’
|
1x45
|
|
|
Ulangan
akhir semester
|
1x45’
|
1x45
|
|
|
Jumlah
|
|
20x45’ /20 JP
|
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Lendah
Drs.Marsudi
Raharjo
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah ,
18 Juli 2016
Guru mapel
Sejarah
Dra.Nanik
Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SEJARAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII IPS/ 1
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|||||
1. Menganalisis Perjuangan
Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
|
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar
Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
·
Mendeskripsikan
peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
3x45
|
|
|||||
1.2. Menganalisis Perkembangan
Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
|
·
Menganalisis
kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
3x45
|
|
||||||
·
Menganalisis
perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
3x45
|
|
|||||||
·
Mendeskripsikan
konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
3x45
|
|
|||||||
·
Menganalisis
perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet
Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
|
3x45
|
|
|||||||
·
Mendeskripsikan
perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
3x45
|
|
|||||||
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa
Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
|
·
Mendeskripsikan
gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
3x45
|
|
||||||
·
Mendeskripsikan
peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
·
Mendeskripsikan
dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
|
3x45
|
|
|||||||
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan
Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi
Kemerdekaan
|
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
6x45
|
|
||||||
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3x45
|
|
|||||||
|
|
·
Menganalisis
perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
3x45
|
|
|||||
|
|
·
Mendeskripsikan
kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
|
||||||
2. Menganalisis Perjuangan
sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi.
|
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah
Orde Baru
|
·
Mendeskripsikan
kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru
|
3x45
|
|
|||||
·
Mendeskripsikan
menguatnya peran negara pada masa Orde Baru
·
Mendeskripsikan
dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial
politik masyarakat
|
3x45
|
|
|||||||
2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya
Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi
|
·
Mengidentifikasi
faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru
·
Merekonstruksi
jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis
|
4x45
|
|
||||||
2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan
Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi
|
·
Mendeskripsikan
perkembangan politik setelah 21 Mei 1998
|
6x45
|
|
||||||
·
Mendeskripsikan
kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi
|
|||||||||
Ulangan
harian 1 dan 2
|
4x45
|
|
|||||||
Ulangan
tengah semester
|
2x45
|
|
|||||||
Ulangan
akhir semester
|
2x45
|
|
|||||||
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Lendah
Drs.Marsudi
Raharjo
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah ,
18 Juli 2016
Guru mapel
Sejarah
Dra.Nanik
Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015
|
|||||||
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SEJARAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI IPS/ 1
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1.Menganalisis
perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara Tradisonal
|
1.1 Menganalisis pengaruh perkembangan
agama dan kebudayaan Hindu-Budha terhadap masyarakat di berbagai daerah di
Indonesia
|
·
Menganalisis
teori masuknya kebudayaan Hindu Budha di Indonesia
·
Menjelaskan
peta jalur masuk dan berkembangnya agama dan kepercayaan Hindu Budah
·
Menganalisis
akulturasi Hindu Budha dengan kebudayaan Indonesia
|
9x45
|
|
|
|
1.2,Menganalisis perkembangan kehidupan
negara-negara kerajaan Hindu Budha di Indonesia
|
·
Menganalisis
kerajaan Kutai dan tarumanegara
·
Menganalisis
kerajaan Sriwjaya
·
Menganalisis
kerajaan Mataram kuno dan edang kamulan
·
Menganalisis
kerajaan kediri dan Singasari
·
Menganalisis
kerajaan Majapahit
|
12x45
|
|
|
|
1.3.Menganalisis pengaruh perkembangan
agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah
|
·
Menganalisis
teori Gjarat
·
Menganalisis
teori Mekah
·
Menganalisis
teori Persi
|
3x45
|
|
|
|
·
Menganalisis
Hikayat dinasti Tang di Tionghoa
·
Menganalisis
‘aja’ib Al Hind
·
Menganalisis
perjalanan Marcopolo
·
Menganalisisbn
Batutah
|
2x45
|
|
||
|
·
Menganalisis
peran wali songo dalam persebaran Islam di P.Jawa
·
Menganalisis
peran para ulama dalam persebaran
Islam di P.Jawa
|
2x45
|
|
||
|
·
Menganalisis
wujud seni bangunan
·
Menganalisis
aksara dan seni sastra
·
Menganalisis
sistem pemerintahan
·
Menganalisis
sistem kalender
|
2x45
|
|
||
|
1.4Menganalisis perkembangan kehidupan
negara kerajaan Islam di Indonesia
|
·
Mengganalisis
perbedaan penyebutan kesultanan dan kerajaan
·
Menganalisis
kasultanan samodra Pasai
·
Menganalisis
Kasultana aceh
|
4x45
|
|
|
·
Menganalisis
kerajaan Demak
·
Menganalisis
Kerajaan Mataram Kuno
·
Menganalisis
Kerajaan Banten
|
9x45
|
|
|||
·
Menganalisis Gowa dan Tallo
·
Menganalisis Ternate tidore
|
2x45
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.5 Menganalisis proses interaksi antara
tradisis lokal,Hindu Budha dan Islam di Indonesia
|
Nilai-nilai
tradisional di Indonesia
|
·
Menganalisis
kepercayaan
·
Menganalisis
bahasa dan aksara
·
Menganalisisasosial
dan pemerintahan
·
Menganalisis
bidang seni dan seni bangunan
·
Menganalisis
kalender,pemekaman ,kelahiran
·
Menganalisisbangunan
istana,kesenian istana
·
Menganalisis
masjid
|
6x45
|
|
Ulangan
harian 1 dan 2
|
4x45
|
|
||
Ulangan
tengah semester
|
2x45
|
|
||
Ulangan
akhir semester
|
2x45
|
|
||
Jumlah
|
60 JP
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N 1 Lendah
Drs.Marsudi
Raharjo
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah ,
18 Juli 2016
Guru mapel
Sejarah
Dra.Nanik
Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
X / 2
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|||||||
2. Menganalisis Peradaban
Indonesia dan Dunia
|
2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat
Indonesia
|
·
Menganalisis
proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan
Indonesia
|
1x45
|
6x45
|
|||||||
·
Menyusun
periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
·
Menyusun
periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam
|
1x45
|
||||||||||
·
Menjelaskan
penemuan jenis-jenis manusia purba
·
Menjelaskan
hasil kebudayaan manusia purba
|
1x45
|
||||||||||
·
Menjelaskan
perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat
berburu ke masyarakat pertanian
|
1x45
|
||||||||||
·
Menjelaskan
perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal
|
1x45
|
||||||||||
·
Menjelaskan
asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
|
|||||||||||
|
2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal
Masyarakat di Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia
|
· Mendeskripsikan pengertian peradaban dan
proses awal pembentukan peradaban
· Mendeskripsikan peradabab Mesir kuno
|
2x45
|
8x45
|
|||||||
· Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Eufrat
dan Sungai Tigris
|
1x45
|
||||||||||
·
Mendeskripsikan
peradaban lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga
|
1x45
|
||||||||||
· Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai
Kuning (Hwang Ho)
(Dinasti
Shang , Chou, Chin
Han, Tang)
|
2x45
|
||||||||||
· Menjelaskan pengaruh peradaban Yunani dan
Romawi trhadap pradaban Indonesia
|
2x45
|
||||||||||
|
2.3 Menganalisis asal usul dan persebaran
manusia di kepulauan Indonesia
|
· Macam-macam ras di dunia
|
1x45
|
2x45
|
|||||||
|
·
Asal usul dan persebaran manusia
Indonesia
|
1x45
|
|||||||||
Ulangan
harian
|
|
2x45
|
|||||||||
Ulangan
tengah semester
|
|
1x45
|
|||||||||
Ulangan
akhir semester
|
|
1x45
|
|||||||||
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI -IPA/ 2
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
2.Merekonstruksi
perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
|
2.1 Merekon-struksi perkembangan masyarakat
Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
|
· Mendiskripsikan kedatangan Sekutu dan NICA di Indonesia
· Menganalisis kontak fisik rakyat Indonesia
dengan Sekutu dan Belanda di berbagai daerah
· Perjuangan melalui jalur diplomasi untuk
mempertahankan kemerdekaan
· Mendiskripsikan proses penyerahan
kedaulatan dari pemerintah Belanda kepada pemerintahan RIS.
· Menganalisis proses pembentukan dan
pembubaran Negara Republik Indonesia Serikat.
· Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal
|
|
|
|
|
2.2 Menganalisis
pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru.
|
· Mendiskripsikan Mendiskripsikan
pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
· Mendiskripsikan proses terjadinya dan
penumpasan G 30 S / PKI
· Mendiskripsikan proses lahirnya Orde Baru
|
|
|
|
Ulangan
harian
|
|
|
|
||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|
||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
||
|
|
|||
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII -IPA/ 2
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
2.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi pada abad ke-20
|
2.1.Menganalisis
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hubungannya dengan perang
dunia II dan perang dingin
|
1. Menyajikan secara
tertulis penjelasan sejarah perkembangan IPTEK pada masa PD II
2.Menuliskan hasil
deskripsi perkembangan IPTEK pada masa perang dingin dalam bentuk makalah
|
|
|
|
|
2.2.Menganalisis
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia
|
1.Mempresentasikan
uraian sejarah perkembangan iptek Indonesia dalam bentuk makalah
2.Menyajikan deskripsi
perkembangan teknologi komunikasi, informasi, dan transportasi secara lisan
3.Menguraikan
penerapan teknologi pertanian dan revolusi hijau dalam bentuk makalah
4. Menyajikan hasil
identifikasi dampak Iptek bagi masyarakat dalam bentuk makalah
|
|
|
|
Ulangan
harian
|
|
|
|
||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|
||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI -IPS/ 1
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
|
1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
Negara-negara Tradisional
|
1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan
Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di
Indonesia
|
- Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya
agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
|
3 X 45’
|
|
|
- Mendeskripsikan teori masuk dan
berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia
|
3 X 45
|
|
|||
- Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha
ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9)
|
3 X 45
|
|
|||
- Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses
interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha
|
3 X 45
|
|
|||
1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan
Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Holing
d.Melayu
e. Sriwijaya
f. Mataram Kuno
|
3X45
|
|
||
g. Medang Kemulan
h. Kediri
i. Singasari
j. Bali
k. Pajajaran
l. Majapahit
|
3x45
|
|
|||
|
|
·
Menunjukkan
peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Holing
d. Melayu
e. Sriwijaya
|
2X45
|
|
|
f. Mataram Kuno
g. Medang Kemulan
h. Kediri
i. Singasari
j. Bali
k. Pajajaran
l. Majapahit
|
2X45
2x45
|
|
|||
|
|
·
Mendeskripsikan
kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
di berbagai daerah
|
2X45
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia
|
3X45
|
|
|
|
1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan
Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di
Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab
|
3X45
|
|
|
·
Mendeskripsikan
pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan
Indonesia
·
Mengidentifikasi
pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di
Indonesia
|
4X45
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18
|
2X45
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia
|
2X45
|
|
|||
|
·
Mengidentifikasi
perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial
masyarakat di berbagai daerah
·
Mendeskripsikan
proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah
|
6X 45
|
|
||
|
|
·
Menganalisis
proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah
Indonesia
|
2X 45
|
|
|
|
1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi
Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi
perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial
masyarakat di berbagai daerah
·
Mendeskripsikan
proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah
|
3 X 45
|
|
|
Ulangan
harian
|
1
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
1
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
1
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 18 Juli 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI –IPS / 2
Tahun Pelajaran :
2016-2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
2. Menganalisis Perkembangan
bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan
Jepang
|
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh
Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya
Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
|
·
Menghubungkan
merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia
|
|
|
|
·
Menunjukkan
peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·
Mendeskripsikan
kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial
|
|
|
|||
·
Menjelaskan
perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
|
|
|
|||
|
2.2. Menganalisis Hubungan antara
Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan
Kebangsaan
|
·
Menghubungkan
faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi
dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran
kebangsaan Indonesia
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
a. Filipina
b. Malaysia
c. Vietnam
d. India
e. Mesir
|
|
|
||
·
Menghubungkan
kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
|
|
|
|||
·
Mengidentifikasi
perkembangan politik kolonial Belanda
·
Mengidentifikasi
latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan
Indonesia
|
|
|
|||
|
|
·
Mendeskripsikan
perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras
pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
|
|
|
||
2.3. Menganalisis Proses Interaksi
Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan
Masyarakat di Indonesia
|
·
Menjelaskan
latar belakang Jepang menguasai Indonesia
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan
·
Mendeskripsikan
dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan
Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah
|
|
|
|||
3. Menganalisis Sejarah Dunia
yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad
ke- 20
|
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan
Nasional Indonesia
|
· Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap
perkembangan pergerakan nasional Indonesia
|
|
|
|||
3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri
di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi
pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan
Politik di Indonesia
|
|
|
||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
|||
|
|
|
|||
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII / 2
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
3. Menganalisis Perkembangan
Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
|
3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan
Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional
setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
|
·
Mendeskripsikan
nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II
|
|
|
|||
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin
|
|
|
|||
|
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri politik luar negeri Indonesia
·
Membedakan
pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan
pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
peran aktif Indonesia di dunia internasional
|
|
|
|
|
3.2. Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah
Dunia
|
·
Mendeskripsikan
proses berakhirnya Perang Dingin
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
perubahan di dunia pasca-Perang Dingin
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI
|
|
|
|||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
PROGRAM
TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
SEJARAH
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII / 1
Tahun Pelajaran :
2016 -2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1. Menganalisis Perjuangan
Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
|
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar
Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
·
Mendeskripsikan
peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
1.2. Menganalisis Perkembangan
Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
|
·
Menganalisis
kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
|
|
||
·
Menganalisis
perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|||
·
Menganalisis
perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet
Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
|
|
|
|||
|
|
·
Mendeskripsikan
perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa
Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
|
·
Mendeskripsikan
gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
·
Mendeskripsikan
dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
|
|
|
|||
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan
Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan
|
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
|
|
|||
|
|
·
Menganalisis
perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
|
|
|
2. Menganalisis Perjuangan sejak
Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi.
|
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah
Orde Baru
|
·
Mendeskripsikan
kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
menguatnya peran negara pada masa Orde Baru
·
Mendeskripsikan
dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial
politik masyarakat
|
|
|
|
|
2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya
Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi
|
·
Mengidentifikasi
faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru
·
Merekonstruksi
jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis
|
|
|
|
|
2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan
Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi
|
·
Mendeskripsikan
perkembangan politik setelah 21 Mei 1998
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi
|
|
|
||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N
1 Lendah
(Drs.Marsudi
Raharjo)
NIP : 19561210 198303 1 011
|
|
Lendah
, 15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah
(Dra.Nanik
Suryani Iswanti)
NIP : 19680504
200801 2 015
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar