Senin, 19 Februari 2018

Contoh Program Tahunan Mapel Sejarah


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N   1 Lendah
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2016 -2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan


1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
·  Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh
1x45
5JP

·   Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
1x45

·   Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik
1x45

·  Mendeskripsikan
Manfaat mempelajari sejarah dalam kehidupan sehari-hari
1x45

·  Mendeskripsikan periodisasi dan kronologi serta kronik
1x45

1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara
·   Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
·   Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah
2x45’
7 JP

·   Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia
1x45

·   Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia
1x45

·     Mendeskripsikan kegunaan sumber,
bukti,fakta,dan jenis sejarah
2X45

·   Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di Indonesia
·   Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia
1x45

1.3. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
·     Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
1x45’
3 JP

·     Mendeskripsikan  prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan
1x45’

·         Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah
1x45’





Tatap muka mengajar
15 x45
    15 JP

Ulangan harian
2 x45
2JP

Cadangan
1 x45
1JP

Jumlah jam yang digunakankan
18x 45
15 JP





Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. Marsudi Raharjo                                                                                                                                                           NIP.  19561210 198303 1 011                                                                                                                                                  

Lendah   ,   18 Juli 2016
Guru mapel Sejarah


Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015













PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI -IPA/ 1
Tahun Pelajaran       : 2016-2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
1.Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
1.1  Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia

·    Mendiskripsikan Hipotesis Waisya tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Kutai.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Tarumanegara.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sriwijaya
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Kediri
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Singasari.
·       Mendeskripsikan munculnya danberkembangnya kerajaan Majapahit.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sunda.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Bali.
·    Mendeskripsikan Proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Samudera Pasai.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Aceh.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Demak.
·    Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Pajang
·    Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Mataram
6X45’



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket






·    Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Bante
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Gowa - Tallo.
·    Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Ternate – Tidore



1.2.Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.

·    Mendeskripsikan perkembangan sistem pemerintahan dan struktur birokrasi di Hindia Belanda pada masa VOC
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, militer, ekonomi dan sosial pada masa Pemerintah Herman Willem Daedels
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, ekonomi, sosial dan Ilmu Pengetahuan di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Thomas Stamford Raffles
·      Mendiskripsikan perkembangan sistem birokrasi dan ekonomi di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Pemerintahan Hindia Belanda (Komisaris Jenderal)
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem Tanam Paksa di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Van Den Bosch
·     Mendeskripsikan penerapan politik ekonomi liberal kolonial
·     Mendeskripsikan penerapan politik etis pada bidang pemerintahan, hukum, ekonomi, dan pendidikan
·   Mendiskripasika i bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa kolonial Belanda.





4x45

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket

.

·   Mendiskripsikan kebijakan politik Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia
·   Mendiskripsikan Pembentukan Gerakan 3A, Poetra dan Jawa Hokokai.
·     Mendiskripsikan kerjasama Pemerintah Pendudukan Jepang dengan kaum nasionalis Islam
·   Mendiskripsikan Mendiskripsikan pengerahan pemuda dan pembentukan organisasi semi militer.
·     Mendiskripsikan Pengerahan tenaga rakyat, ekonomi dan bhan pangan pada masa pendudukan Jepang



1.3  Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia

·     Mendiskripsikan Faktor-faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia
·     Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional Indonesia
·     Mendeskripsikan perkembangan Serikat Islam sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan Islam
·     Mendeskripsikan perkembangan Indische Partij sebagai organisasi pergerakan nasional nasionalis dari golongan Indo-Belanda
·     Mendeskripsikan perkembangan  PKI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan sosilis-komunis
·     Mendeskripsikanperkembangan
·     PNI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan nasionalis
·     Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya PPPKI sebagai usaha untuk mempersatukan kekuatan organisasi pergerakan nasional
·     Mendiskripsikan muncul dan berkembangnya Gerakan Pemuda dan Sumpah Pemuda sebagai usaha untuk menggalang mempersatukan dan kesatuan nasional


5x45



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket


·     Mendeskripsikan Perjuangan di dalam volksraad dengan Petisi Soetardjo dan GAPI



1.4 Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia.

·     Mendiskripsikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
·     Mengidenifikasikan proses pembentukan kelengkapan-kelengkapan negara.
·     Mengidenifikasikan Perubahan otoritas KNIP dan
1X45’


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket


pengaruhnya terhadap sistem pemerintahan di Indonesia


Ulangan harian
2 x uh
2x45’

Ulangan tengah semester
1x
1x45’

Ulangan akhir  semester
1 x
1X45’

Jumlah

20x45/ 20 JP





Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah


Drs.Marsudi Raharjo
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   18 Juli 2016
Guru mapel Sejarah



Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015















PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )


Satuan Pendidikan        : SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XII -IPA/ 1
Tahun Pelajaran           : 2016-2017


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket

1.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Orde Baru sampai masa Reformasi
1.1..Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa orde baru
1.Mempresentasikan secara lisan hasil analisis menguatnya peran negara dalam kehidupan masyarakat
2.Menjelaskan secara tertulis dalam bentuk makalah tentang pertumbuhan dan mobilitas penduduk
3.Mempresentasikan hasil identifikasi dampak revolusi hijau dan industrialisasi dalam forum diskusi
4.Menguraikan secara tertulis respon masyarakat Indonesia terhadap perubahan dunia kea rah globalisasi di bidang teknologi
5.Menyajikan hasil analisis berbagai kebijakan politik luar negeri secara tertulis
8x45’


1.2.Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi
1.Menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab runtuhnya orde baru secara tertulis
2.Menjelaskan kronologi jatuhnya kekuasaan Soeharto secara tertulis
3.Membuat analisis berbagai kebijakan poltik dan ekonomi pemerintahan Habibie dan kronologi jatuhnya Habibie dilaporkan secara tertulis
4.Memaparkan secara lisan berbagai kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan Gur Dur dan kronlogi jatuhnya Gus Dur
5.Memberikan penjelasan secara tertulis berbagai kebijakan dan ekonomi pemeritahan Megawati
6.Menguraikan kebijakan politik dan ekonomi pemerintahan SBY dalam bentuk makalah
8x45,






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket



7.Memaparkan secara lisan hasil identifikasi dampak reformasi bagi masyarakat

8.Menjelaskan lembaga baru
    pada masa reformasi


Ulangan harian
1x45’ (2x UH/2jp)
2x45

Ulangan tengah semester
1x45’
1x45

Ulangan akhir  semester
1x45’
1x45

Jumlah

20x45’ /20 JP



Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah


Drs.Marsudi Raharjo
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   18  Juli 2016
Guru mapel Sejarah


Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SEJARAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XII  IPS/ 1
Tahun Pelajaran           : 2016 -2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan




1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
·  Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
·  Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
3x45







1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
·  Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan
3x45



·  Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
3x45



·    Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
3x45



·    Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
3x45



·    Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
3x45



1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
·    Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
3x45



·    Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
·    Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
3x45



1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan
·    Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
·    Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
6x45



·    Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·    Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
3x45





·    Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia 
3x45





·    Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an



2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi.
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru
·    Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
·    Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru
3x45



·    Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru
·    Mendeskripsikan dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial politik masyarakat
3x45



2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi
·    Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru
·    Merekonstruksi jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis
4x45



2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi
·    Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998
6x45



·    Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi


Ulangan harian  1 dan 2
4x45



Ulangan tengah semester
2x45



Ulangan akhir  semester
2x45






Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah


Drs.Marsudi Raharjo
NIP : 19561210  198303 1 011



Lendah   ,   18  Juli 2016
Guru mapel Sejarah


Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015

















PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SEJARAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI  IPS/ 1
Tahun Pelajaran           : 2016 -2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan

1.Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara Tradisonal
1.1 Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
·   Menganalisis teori masuknya kebudayaan Hindu Budha di Indonesia
·   Menjelaskan peta jalur masuk dan berkembangnya agama dan kepercayaan Hindu Budah
·   Menganalisis akulturasi Hindu Budha dengan kebudayaan Indonesia

9x45



1.2,Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu Budha di Indonesia
·   Menganalisis kerajaan Kutai dan tarumanegara
·   Menganalisis kerajaan Sriwjaya
·   Menganalisis kerajaan Mataram kuno dan edang kamulan
·   Menganalisis kerajaan kediri dan Singasari
·   Menganalisis kerajaan Majapahit
12x45



1.3.Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah
·   Menganalisis teori Gjarat
·   Menganalisis teori Mekah
·   Menganalisis teori Persi
3x45



·   Menganalisis Hikayat dinasti Tang di Tionghoa
·   Menganalisis ‘aja’ib Al Hind
·   Menganalisis perjalanan Marcopolo
·   Menganalisisbn Batutah
2x45



·   Menganalisis peran wali songo dalam persebaran Islam di P.Jawa
·   Menganalisis peran para ulama  dalam persebaran Islam di P.Jawa
2x45



·   Menganalisis wujud seni bangunan
·   Menganalisis aksara dan seni sastra
·   Menganalisis sistem pemerintahan
·   Menganalisis sistem kalender
2x45



1.4Menganalisis perkembangan kehidupan negara kerajaan Islam di Indonesia
·   Mengganalisis perbedaan penyebutan kesultanan dan kerajaan
·   Menganalisis kasultanan samodra Pasai
·   Menganalisis Kasultana aceh
4x45


·   Menganalisis kerajaan Demak
·   Menganalisis Kerajaan Mataram Kuno
·   Menganalisis Kerajaan Banten
9x45


·   Menganalisis  Gowa dan Tallo
·   Menganalisis  Ternate tidore
2x45








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan
1.5 Menganalisis proses interaksi antara tradisis lokal,Hindu Budha dan Islam di Indonesia
Nilai-nilai tradisional di Indonesia
·   Menganalisis kepercayaan
·   Menganalisis bahasa dan aksara
·   Menganalisisasosial dan pemerintahan
·   Menganalisis bidang seni dan seni bangunan
·   Menganalisis kalender,pemekaman ,kelahiran
·   Menganalisisbangunan istana,kesenian istana
·   Menganalisis masjid
6x45

Ulangan harian  1 dan 2
4x45

Ulangan tengah semester
2x45

Ulangan akhir  semester
2x45

Jumlah
60 JP




Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah


Drs.Marsudi Raharjo
NIP : 19561210  198303 1 011



Lendah   ,   18  Juli 2016
Guru mapel Sejarah


Dra.Nanik Suryani Iswanti
NIP : 19680504 200801 2 015



PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : X / 2
Tahun Pelajaran           : 2016-2017

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket


2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia
2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia
·     Menganalisis proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia 
1x45
6x45

·      Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
·      Menyusun periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam
1x45

·     Menjelaskan penemuan jenis-jenis manusia purba
·     Menjelaskan hasil kebudayaan manusia purba
1x45

·     Menjelaskan perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat berburu ke masyarakat pertanian
1x45

·     Menjelaskan perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal
1x45

·     Menjelaskan asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia


2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia
·      Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal pembentukan peradaban
·      Mendeskripsikan peradabab Mesir kuno
2x45
8x45

· Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Eufrat dan Sungai Tigris
1x45

·  Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga
1x45

·   Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho)
(Dinasti Shang , Chou, Chin
 Han, Tang)

2x45

·   Menjelaskan pengaruh peradaban Yunani dan Romawi trhadap pradaban Indonesia

2x45


2.3 Menganalisis asal usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia
·   Macam-macam ras di dunia
1x45
2x45


·   Asal usul dan persebaran manusia Indonesia
1x45

Ulangan harian

2x45

Ulangan tengah semester

1x45

Ulangan akhir  semester

1x45




Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011




Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015
































PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI -IPA/ 2
Tahun Pelajaran           : 2016-2017

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket

2.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
2.1  Merekon-struksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin

·     Mendiskripsikan kedatangan Sekutu dan  NICA di Indonesia
·     Menganalisis kontak fisik rakyat Indonesia dengan Sekutu dan Belanda di berbagai daerah
·     Perjuangan melalui jalur diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan
·     Mendiskripsikan proses penyerahan kedaulatan dari pemerintah Belanda kepada pemerintahan RIS.
·     Menganalisis proses pembentukan dan pembubaran Negara Republik Indonesia Serikat.
·     Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Liberal





2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru.

·     Mendiskripsikan Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·     Mendiskripsikan proses terjadinya dan penumpasan  G 30 S / PKI
·     Mendiskripsikan proses lahirnya Orde Baru




Ulangan harian




Ulangan tengah semester




Ulangan akhir  semester





Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015










PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XII -IPA/ 2
Tahun Pelajaran           : 2016-2017


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket

2.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20
2.1.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hubungannya dengan perang dunia II dan perang dingin
1. Menyajikan secara tertulis penjelasan sejarah perkembangan IPTEK pada masa PD II

2.Menuliskan hasil deskripsi perkembangan IPTEK pada masa perang dingin dalam bentuk makalah




2.2.Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia
1.Mempresentasikan uraian sejarah perkembangan iptek Indonesia dalam bentuk makalah


2.Menyajikan deskripsi perkembangan teknologi komunikasi, informasi, dan transportasi secara lisan

3.Menguraikan penerapan teknologi pertanian dan revolusi hijau dalam bentuk makalah

4. Menyajikan hasil identifikasi dampak Iptek bagi masyarakat dalam bentuk makalah



Ulangan harian




Ulangan tengah semester




Ulangan akhir  semester





Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah


(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah


(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015

PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )


Satuan Pendidikan        : SMA N 1 LENDAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI -IPS/ 1
Tahun Pelajaran           : 2016-2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket


1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional

1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
-       Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
3 X 45’


-       Mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia
3 X 45


-       Menunjukkan peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9)
3 X 45


-       Mengidentifikasi fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha
3 X 45


1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·         Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Holing
d.Melayu
e. Sriwijaya
f.  Mataram Kuno
3X45


g. Medang Kemulan
h. Kediri
i.   Singasari
j.   Bali
k. Pajajaran
l.   Majapahit
3x45




·         Menunjukkan peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a.   Kutai
b.   Tarumanegara
c.   Holing
d.  Melayu
e.   Sriwijaya
2X45


f.    Mataram Kuno
g.   Medang Kemulan
h.   Kediri
i.     Singasari
j.     Bali
k.   Pajajaran
l.     Majapahit
2X45



2x45




·         Mendeskripsikan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
2X45




·         Menjelaskan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

3X45



1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
·         Mendeskripsikan proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab
3X45


·         Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia
·         Mengidentifikasi pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di Indonesia
4X45


·         Mendeskripsikan perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18
2X45


·         Mendeskripsikan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia 
2X45



·         Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah
·         Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah 
6X 45




·         Menganalisis proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia
2X 45



1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
·         Mengidentifikasi perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah
·         Mendeskripsikan proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah 
3 X 45


Ulangan harian
1


Ulangan tengah semester
1


Ulangan akhir  semester
1




Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   18 Juli 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan        : SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI –IPS / 2
Tahun Pelajaran           : 2016-2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan


2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
·         Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia



·         Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·         Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia



·         Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia



·         Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial 



·         Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing




2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
·         Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia




·         Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
a.       Filipina
b.      Malaysia
c.       Vietnam
d.      India
e.       Mesir



·         Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia



·         Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda
·         Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia



·         Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia





·         Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia




·         Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia



2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia
·         Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia



·         Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan
·         Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah



3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke- 20
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia

·     Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia



·         Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia



3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
·         Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester




Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015












PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SMA N 1 Lendah
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XII / 2
Tahun Pelajaran           : 2016 -2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan


3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya         Perang Dingin

·    Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika



·      Mendeskripsikan ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II



·    Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin



·     Mendeskripsikan tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba



·    Mendeskripsikan Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara



·     Mendeskripsikan perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin





·    Mengidentifikasi ciri-ciri politik luar negeri Indonesia
·    Membedakan pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru





·    Mendeskripsikan peran aktif Indonesia di dunia internasional




3.2. Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia

·    Mendeskripsikan proses berakhirnya Perang Dingin



·    Mendeskripsikan perubahan di dunia pasca-Perang Dingin



·    Mendeskripsikan proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester





Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015






















PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )

Satuan Pendidikan        : SEJARAH
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XII / 1
Tahun Pelajaran           : 2016 -2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Keterangan


1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
·  Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
·  Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia




1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
·  Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada masa awal kemerdekaan



·  Menganalisis perkembangan situasi politik dan kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan



·    Mendeskripsikan konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan



·    Menganalisis perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda





·    Mendeskripsikan perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan



1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
·    Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965



·    Mendeskripsikan peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
·    Mendeskripsikan dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI



1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan
·    Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
·    Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer



·    Mendeskripsikan kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·    Mendeskripsikan kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin





·    Menganalisis perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia 





·    Mendeskripsikan kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an



2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan Masa Reformasi.
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru
·    Mendeskripsikan kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
·    Mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru





·    Mendeskripsikan menguatnya peran negara pada masa Orde Baru
·    Mendeskripsikan dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial politik masyarakat




2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde Baru dan Terjadinya Reformasi
·    Mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru
·    Merekonstruksi jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis




2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi
·    Mendeskripsikan perkembangan politik setelah 21 Mei 1998




·    Mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester








Mengetahui,
Kepala SMA  N 1 Lendah



(Drs.Marsudi Raharjo)
NIP : 19561210  198303 1 011

Lendah   ,   15 Januari 2017
Guru mapel Sejarah



(Dra.Nanik Suryani Iswanti)
NIP : 19680504 200801 2 015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERAJAAN MARITIM HINDU-BUDHA DI INDONESIA (HABIS)

6. Kerajaan Kediri Kerajaan Kadiri atau Kediri atau Panjalu, adalah sebuah kerajaan yang terdapat di Jawa Timur antara tahun 1042-1222....