Kamis, 19 Oktober 2017

Contoh Laporan Kunjungan Industri



LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
Guna melengkapi nilai ujian makul : Kewirausahaan
Dosen pengampu : Dra. Anggar Kaswati M.Hum





Disusun Oleh:
Marzuki Nyamat
13021016

FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA WATES
2017


BAB 1
PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG
Latar belakang diadakannya kunjungan industri ini agar Mahasiswa mengenal dunia kerja. Selain itu Mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, dan tata tertib kerja.
Mahasiswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan-urutan proses kerja di industri tersebut. Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman Mahasiswa tentang dunia kerja.
Mahasiswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada Mahasiswa tentang industri perusahaan.
           
2.      TUJUAN
1.      Memperluas pengetahuan Mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja
2.      Mendorong Mahasiswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan
4.      Untuk belajar ( tidak hanya teori tetapi juga dapat mengetahui cara kerjanya)


BAB II
ISI
1.      PROFIL PERUSAHAAN
            Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2013, tetapi perusahaan ini sebenarnya anak cabang dari Depot Barokah. Dengan perkembangan zaman Depot Rizka mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan Depot yang ada di sekitarnya dengan memiliki beberapa paket yang tersedia disana dengan begitu Depot Rizka mempunyai keunggulan tersendiri, dengan mempunyai daya tarik untuk konsumennya. Sebelum perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 oleh Ibu Warsini, beliau yang ditemani oleh anaknya yaitu Ibu Lutfi. Depot Rizka merupakan salah satu UKM yang terdapat di Wisata Waduk Selorejo Ngantang Kabupaten Malang. Depot ini awalnya hanya menjual ikan saja, dengan adanya perkembangan dan persaingan pasar, Ibu Lutfi berniat untuk menjual berbagai variasi ikan yang tidak jauh beda merupakan ciri khas daerah tersebut. Yang pada awalnya hanya ditemani seorang istrinya pada tahun selanjutnya Bapak Fadil memiliki empat seorang karyawan hingga sekarang.

2.      SEJARAH PERKEMBANGAN USAHA
            Depot Rizka berdiri karena Bendungan Selorejo yang merupakan ikon wisata utama di Ngantang. Disebut Bendungan karena memang Daerah ini dulu bukanlah sebuah danau alami, tetapi merupakan aliran sungai yang dibendung untuk menjadi sebuah waduk, yaitu dengan membendung aliran sungai Konto sebagai sumber pemasukan utama air ke waduk. Untuk nama Selorejo sendiri diambil dari nama wilayah desa yag telah ditenggelamkan untuk membangun waduk tersebut. Selain Selorejo, pembangunan waduk ini juga menelan sebagian wilayah desa lain disekitarnya.
            Seiring dengan berjalannya waktu penghasilan keuangan Depot Rizka selalu tidak stabil. Penghasilan bersih per bulan dapat diperikirakan sejumlah 12 juta pada hari libur, sedangkan pada hari biasa penghasilan menurun. Depot Rizka mengandalkan strategi pengenalan produknya dengan ikon wisata Waduk Selorejo untuk menarik beberapa konsumen, kemudian dari mulut ke mulut konsumen bahwa Depot Rizka memiliki ciri rasa yang khas.
            Pada tahun 2015 Depot Rizka ini mendapat perluasan depot, karena adanya renovasi pembaruan akibat Letusan Gunung Kelud. Pada perluasan depot ini, Depot Rizka mendapat depot yang sangat strategis untuk menarik konsumen lebih banyak lagi dengan berbagai rasa dan menu yang sangat menggiurkan bagi konsumen. Konsumen dapat langsung mencoba menu Depot Rizka ini dengan mengunjungi Wisata Waduk Selorejo Ngantang Kab. Malang.


3.      IDE BISNIS
            Dari bisnis keluarga yang dikelola hingga banyak masyarakat yang meniru dan membuka lowongan kerja bagi masyarakat sekitar waduk dan membutuhkan suatu organisasi, penyusunan anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai tujuan. Dalam Depot Rizka pengorganisasian juga sangat diperlukan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Depot Rizka memiliki sistem organisasi yang sederhana dan bersifat informal. Penyusunannya tidak menggunakan aturan yang pasti, jadi cenderung bersifat kekeluargaan. Tidak ada spesifikasi dalam jabatan, antara atasan dan bawahan sama-sama melakukan pekerjaan atau tugas yang sama meskipun ada tugas-tugas yang dikerjakan sesuai dengan tugas masing-masing.
Visi
a.       Menjadi Depot kuliner yang tetap merakyat dan populer tanpa melihat strata sosial yang ada.
b.      Menjadi UKM mandiri yang mencapai sukses di era Global.
Misi
a.       Menyediakan makanan cepat saji yang sehat dengan memperhatikan kualitas kebersihan.
b.      Memberikan harga yang murah tapi tidak merugikan.
c.       Menghilangkan strata sosial yanga ada dan semua pembeli sama adanya.
d.      Menyediakan tempat yang nyaman untuk berkumpul.

4.      PRODUK YANG DIHASILKAN
            Hasil olahan produk Taman Wisata Selorejo dengan makanan yang siap saji, yaitu ikan khas waduk diantaranya adalah : Ikan Uceng, Wader, Mujaer, Gurami, Tombro, Telor Tombro, Udang, Nila.

5.      CARA PEMASARAN
a.       Dengan menggunakan Media Sosial
b.      Katalog
c.       Brosur
d.      Kartu Nama

6.      HAMBATAN USAHA DAN CARA MENGATASI
            Hambatan yang dialami perusahaan merasakan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan saat air waduk turun, maka harga ikan akan naik. Secara umum perusahaan UKM saat ini memiliki kelemahan-kelemahan pada hal-hal berikut sehingga menimbulkan hambatan dalam mengembangkan usahanya ;
1.      Penerapan sistem IT
2.      Ikan naik harga ikut naik supaya tidak mengurangi cita rasa khas depot/UKM
sudah merupakan hal yang wajar jika dalam menjalankan usaha, sering dihadapkan pada berbagai hambatan.

7.      KEGAGALAN YANG DIALAMI DAN FAKTOR PENYEBAB
            Perusahaan ini menurun pemasukannya pada kejadian Alam Gunung Kelud meletus, dari sinilah perusahaan menurun untuk pemasukannya, tetapi di 3 tahun ini sudah mengalami peningkatan lagi akibat perbaikan dan renovasi dari pihak perusahaan. Dan pengunjung mulai ramai serta penghasilan mulai membaik.

8.      FAKTOR KESUKSESAN
Kami disni mempunyai visi dan misi yang jelas jadi seorang wirausaha/ yang mempunyai bisnis UKM harus yakin dan berusaha untuk kedepannya, dan memberikan pelayanan yang bagus kepada konsumen, disini Depot Rizka biasa mencari pelanggan dari jawa sampai luar jawa untuk mecapai target pasarnya.

9.      KARAKTER WIRAUSAHA
a.       Berani mengambil resiko
b.      Kreativitas
c.       Merubah pola pikir
d.      Bekerja keras

10.  KONTRIBUSI INDIVIDU
Kontribusi individu UKM pendapatan sangat signifikan mendorong pendapatan perbulan perlu percepatan pengembangan wirasusaha yang ditargetkan pada tahun 2018. Dengan demikian perusahaan bisa meraih keuntungan yang tinggi perbulan.




BAB 3
PENUTUP

  1. Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari kunjungan industri yang saya laksanakan di Depot Rizka Ngantang Malang adalah:
1.      Mahasiswa/i mengenal produk – produk yang dihasilkan oleh Depot Rizka
2.      Mahasiswa/i mengetahui proses pembuatan produk yang dihasilkan
3.      Mahasiswa/i mendapat ilmu tentang berbisnis.

B.     Saran
Adapun saran yang dapat di berikan adalah sebagi berikut :
1.       Diharapkan agenda program kunjungan industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.
2.      Tetaplah menjadikan kunjungan industri sebagai sarana mahasiswa/i untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan pengelaman. Dan menjadikan para mahasiswa/i yang aktif dan kreatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERAJAAN MARITIM HINDU-BUDHA DI INDONESIA (HABIS)

6. Kerajaan Kediri Kerajaan Kadiri atau Kediri atau Panjalu, adalah sebuah kerajaan yang terdapat di Jawa Timur antara tahun 1042-1222....