Jumat, 20 Oktober 2017

MAKALAH JURNAL KARAKTERISTIK IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DI PUSKESMAS ADIMULYO








DisusunOleh :
1.      Anwar Mujahid     ( A11501089)
2.      Deviana laela N.F  ( A11501110)
3.      Fifi Agustin           (A11501118)


PRODI S1 KEPERAWATAN A

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH GOMBONG
TAHUN AJARAN 2016/2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga kami dapat menyusun makalah JURNAL tentangKARAKTERISTIK IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET FE DI PUSKESMAS ADIMULYO”.
            Dalam perkembangan pendidikan keperawatan, tidak terlepas dari dua aspek, yaitu keperawatan sebagai ilmu dan keperawatan sebagai profesi. Kedua aspek itu tidak bias dipisahkan. Keduanya saling melengkapi untuk menuju profesionalisme profesi keperawatan. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman  yang  benar mengenai keperawatan, sehingga konsep-konsep dasar dalam keperawatan menjadi fondasi yang kuat bagi perawat dalam menjalankan profesinya.
            Menyikapi realitas tersebut maka sangat diperlukan pemahaman yang jelas mengenai Kebutuhan Dasar Manusia sehingga perawat mempunyai pemahaman yang sama. Oleh karena itu penulis mencoba untuk menulisnya dalam bentuk makalah.
            Harapan kami, makalah ini bias bermanfaat bagi siapa saja yang membaca. Mengingat masih banyak kekurangan. Maka penulis meminta kritik dan saran demi kesempurnaan makalah  ini.







Gombong, 20 September 2017
            Penulis


PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Sebagian besar ibu hamil di kecamatan Adimulyo  dalam mengkonsumsi tablet FE kurang yaitu 90 tablet selama kehamilan. Tablet Fe. Tablet Fe sangatlah penting untuk ibu hamil. Karena pada ibu hamil terjadi peningkatan plasma darah namun tidak diikutu dengan peningkatan sel-sel darah. Hal ini akan menyebabkan terjadinya hiperremia pada ibu hamil khususnya  trimester II. Kejadian ini akan bersifat abnormal jika ditemukan pada ibu hamil pada trimester I dan III dengan nilai Hb < 10 gr% sering disebut juga sebagai Anemia.
Anemia  sangatlah berbahaya pada masa kehamilan, persalinan maupun nifas. Akibatnya akan terjadi keguguran, bahkan bisa menyebabkan kematian. Angka kematian ibu hamil di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan Negara_negara ASEAN lain. Mengkonsumsi tablet Fe pada masa kehamilan sangat penting kerena dikarnakan kebutuan ibu dalah kehamilan ialah 800 mg besi, diantaranya 300 mg untuk janin plasenta dan 500 mg untuk penambahan eritrosit. 
B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ bagaimana karasteristik ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Puskesmas Adimulyo ?” .
C.    Tujun
1.      Mengetahui karakteristik ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Puskesmas Adimulyo.
2.      Mengetahui gambaran karakteristik responden berdasarkan umur.
3.      Untuk mengetahui gambaran karakteristik responden berdasarkan pendidikan.
4.      Untuk mengetahui distribusi frekwensi ibu hamil dalam mengkonsumsi tabet Fe di Puskesmas Adimulyo




PEMBAHASAN


A.    Abstrak
Sebagian besar ibu hamil dalam mengkonsumsi ablet Fe di Puskesmas Adimulyo masih cukup rendah yaitu kurang dari 90 tablet selama kehamilan. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif menggambarkan hasil penelitian yang berbentuk angka. Sempel penelitin adalah ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe di Wilayah Puskesmas Adimulyo sebanyak 30 orang. Alat ukur yang digunakan adalah wawancara karakteristik ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe. Data analisa menggunakan disttribusi fekrwensi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa mayoritas usia responden 20-35 tahun (80%), mayoritas pendidikan SD ( 53,3%), dan mayoritas ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di puskesmas Adimulyo 30-50 tablet (53,33%).
B.     Manfaat penelitian
Penelitian ini untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe
C.    Sempel Penelitian
Menurut (Arikunto,2006: 131) sempel adalah sebagian atau wakit populasi yang di teliti. Sedangkan menurut ( Notoatdmojo ,2005. 279) sempel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan obyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi.
Apabila jumlah subyeknya besar dapat diambil 25% atau lebih. Sempel pada penelitian adalah seluruh populasi ibu hamil yang mengkonsumsi tablet Fe sejumlah  30 orang.
D.    Metode pengumpulan data
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriftif kuantitatif adalah statistik yang digunakan untuk menggunakan hasil penelitian yang berbentuk angka. Tapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas ( Sugiono, 2007).
E.     Analisa data
Teknik analisa data yang digunakan di penelitian ini menggunakan perhitungan stetistik sederhana yaitu persentasi atau proporsi ( Eko Budiarto 2002). Setelah data terkumpul melalui pengumpulan data, kemudian dilakukan pengumpulan data melalui tahapan antara lain editing, coding, tabulating, analisa.
F.     Hasil penelitian
1.      Usia responden
Jumlah  responden sebanyak 30 orang, dengan usia < 20 tahun sebanyak 20orang (6,7 %),  20-30 tahun sebanyak 24 orang ( 80%), dan lenbih dari 50 tahun sebanyak 50 orang (13,3%). Hal ini menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki usi 20-35 tahun.
2.      Pendidikan responden
Jumlah responden sejumlah 30 orang, dengan pendidikan SD sebnyak 16 orang ( 53,33 %), SLTP sebanyak 8 orang (26,67 %), SLTA 5 orang ( 16,6%), dan PT sebanyak 1 orang (3,33%). Hal ini menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki pendidikan yang rendah.
3.      Distribusi frekuensi  ibu hamil dalam mengkonsusmsi tablet Fe di Puskesmas Adimulyo
Berdasarkan distribusi frekuensi diketahui bahwa mayoritas usia responden 20-30 tahun (80%), mayoritas pendidikan SD (53,33%), dan mayoritas frekwensi ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Puskesmas Adimulyo 30-60 tablet Fe ( 53,33%).






PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitiannya dan pembahasanya maka dapat di tarik kesimpulan gambaran karakteristik responden berdasarkan umur di wilayah Puskesmas Adimuyo dengan kategori 20-35 tahun ( 80 %). Sedangkan berdasarkan pendidikan didapatkan kategori pendidikan SD 53,33 %. Distribusi frekuensi ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Puskesmas Adimulyo yaitu 30-60 tablet ( 53,33%), dengan usia mayoritas 20-35 tahun ( 80 %) dan pendidikan SD (53,33%). Pada kpuskesmas Adimulyo ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe sangatlah kurang karena hanya mengkonsumsi 30-60 tablet selama masa kehamilan.

B.     Saran
1.      Tenaga kesehatan lebih memberikan pengetahuan secara mendalm tentang manfaat tentang tablet Fe kepada responden, sehingga esadaran dalam mengkonsemsi tablet Fe meningkat.
2.      Bagi Responden diharapkan lebih patuh dalam mengkonsumsi tablet Fe ketika masa kehamilan, dengan cara meningkatkan engetahuannya tentang manfaat tablet Fe.





Daftar Pustaka
Mutoharoh, Siti (dkk). 2015. Jurnal Involusi Kebidanan. Karakteristik Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Fe Di Puskesmas Adimulyo: vol 9.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERAJAAN MARITIM HINDU-BUDHA DI INDONESIA (HABIS)

6. Kerajaan Kediri Kerajaan Kadiri atau Kediri atau Panjalu, adalah sebuah kerajaan yang terdapat di Jawa Timur antara tahun 1042-1222....